Kemenkumham Papua

Anthonius Ayorbaba Ungkap Kondisi Perbatasan RI - PNG kepada Penjabat Gubernur Papua Selatan

Anthonius M Ayorbaba menyampaikan data perlintasan di Perbatasan Negara Republik Indonesia dengan Papua Nugini.

istimewa
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua, Anthonius M. Ayorbaba bersama jajaran saat bertemu dengan Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, Apolo Safanpo, Jumat, (6/1/2023). 

 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Sharif Jimar

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE – Mobilitas WNA Papua Nugini (PNG) persentasenya mengalami peningkatan dan banyak berdampak negative terhadap pintu perlintasan Kondo yang aksesibilitasnya sulit.

Akibatnya, banyak titik baru di Merauke yang digunakan WNA PNG untuk masuk ke NKRI.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua, Anthonius M. Ayorbaba saat bertemu dengan Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, Apolo Safanpo, Jumat, (6/1/2023).

Bersama sejumlah jajarannya, Anthonius M Ayorbaba menyampaikan hal tersebut perlu segera disampaikan kepada Penjabat Gubernur Selatan, terkait data perlintasan di Perbatasan Negara Republik Indonesia dengan Papua Nugini.

Dalam kesempatan tersebut juga, Kakanwil Kemenkumham menyatakan siap mendampingi Apolo Safanpo jika ingin melihat langsung kondisi perlintasan di PLBN Sota dan PLBN Yetetkun.

“Jika ada rencana Penjabat  Gubernur ke Boven Digoel, bisa kita bersama-sama melihat pembangunan PLBN Yetetkun yang jarak tempuh ke PNG hanya 4 Km sementara di Sota  14 Km jauhnya,” kata Anthonius M. Ayorbaba.

Baca juga: Bertemu Penjabat Gubernur, Kemenkumham Papua Nyatakan Siap Dukung Pembangunan Papua Selatan

Dalam kesempatan tersebut juga, Kakanwil menyampaikan jika Pemerintah Provinsi  dapat mendorong pembangunan Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Selatan dengan menyediakan lahan untuk dibangun.

Hal tersebut  karena Provinsi Papua Selatan sudah memenuhi persyaratan untuk Pembangunan Kanwil Kemenkumham karena telah memiliki Lapas, Kantor Imigrasi dan Bapas.

Dalam Kunjungan tersebut,  Kakanwil Kemenkumham Papua menemui Apolo Safanpo bersama Jajarannya  diantaranya Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi Hendrik Pagiling, Kadiv Pemasyarakatan, Endang Lintang (Elang) Hardiman, Kadiv Imigrasi Ian Fidianto Markos, Kadiv Yankumham, Mohamad Mufid dan Para Kepala UPT Keimigrasian dan Pemasyarakatan.

Baca juga: Pesan Anthonius Ayorbaba untuk ASN Kemenkumham Papua: Tunjukan Kinerja Terbaik di 2023

Sementara, kedatangan Kakanwil Kemenkumham Anthonius M.Ayorbaba bertemu dengan Penjabat Gubernur Papua Selatan untuk menyatakan komitmen siap membantu kinerja Apolo Safanpo dalam membangun Provinsi Papua Selatan.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved