Bank Papua

Jalin Kerja Sama dengan Kementerian PUPR, Bank Papua Komitmen Salurkan Anggaran Tepat Sasaran

Kerja sama ini lanjutan dari tahun sebelumnya. Bank Papua memberikan perannya yang bisa langsung berhubungan dengan warga penerima

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
TEPAT SASARAN - Direktur Bisnis (Dirbis) PT Bank Pembangunan Daerah Papua, Sadar Sebayang saat diwawancarai awak media, termasuk Tribun-Papua.com di Jayapura, setelah pihaknya melakukan MoU dengan Kemen PUPR di salah satu hotel, Rabu (27/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Bank Papua berkomitmen penuh untuk menyalurkan anggaran program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Papua, agar tepat sasaran.

Baca juga: Kementerian PUPR Gandeng Bank Papua Salurkan Dana 4 Program Untuk Masyarakat

Hal itu dikatakan Direktur Bisnis (Dirbis) PT Bank Pembangunan Daerah Papua, Sadar Sebayang saat ditemui usai melakukan penandatanganan MoU dengan Kementerian PUPR di Kota Jayapura, Rabu (27/7/2022).

"Kerja sama yang kita laksanakan merupakan kelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya. Ini memang program pemerintah yang ditangani Kementerian PUPR," katanya.

Dalam pelaksanaannya, Sadar mengatakan supaya program ini dapat berjalan dan menyentuh langsung kepada masyarakat, maka Bank Papua memberikan perannya yang bisa langsung berhubungan dengan warga penerima.

Bank Papua Harapkan Kelonggaran Cepat Memulihkan Ekonomi Pasca Covid-19

"Kami juga terus berkomitmen mendukung program Kementerian PUPR, terkait dengan pelaksanaan projek-projek yang memang dalam teknisnya bersentuhan langsung dengan masyarakat," tandasnya.

Sebagai lembaga keuangan, dirinya menuturkan Bank Papua diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan dari Kementerian PUPR untuk menyampaikan dan merealisasikan anggaran sampai kepada pihak-pihak yang berhak mendapatkannya.

"Nantinya diharapkan baik kontrol dan pengawasannya dapat sampai ke sasaran, yakni masyarakat sebagai penerima," tambahnya.

Jalin Kerja Sama Salurkan Bantuan Perumahan, Kementerian PUPR Apresiasi Bank Papua

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Cornelis Sagrim menyampaikan alasan pihaknya memilih Bank Papua sebagai penyalur dana anggaran program.

"Proses dari program yang ada ini kan tahapannya ada perencanaan, pengelolaan, hingga pemanfaatan yang berhubungan dengan masyarakat, sehingga memang dibutuhkan lembaga keuangan untuk penyalur anggarannya agar tepat sasaran," katanya.

Lelaki muran senyum itu menuturkan, dengan adanya lembaga keuangan terpercaya yang dapat mengelola dana program, maka diharapkan dapat meniadakan penyalahgunaan anggaran di tingkat bawah nantinya.

Salurkan Bantuan Perumahan, Bank Papua Teken Kerja Sama dengan Kementerian PUPR 

"Selama itu, memang program yang ada kan eksekusinya berjalan baik, aman, dan lancar sejauh ini, sehingga kondisi ini dapat kita pertahankan, dan kalau bisa lebih ditingkatkan," bebernya.

"Saya kira pada prinsipnya Bank Papua sangat membantu kami, terlebih program ini kan dijalankan di berbagai kabupaten yang lokasinya cukup sulit, dan bisa saja pemahaman masyarakat berbeda," tandasnya.

Untuk itu, disampaikannya dengan adanya jalinan kerjasama bersama Bank Papua dapat mempermudah pengendalian anggaran.

Kementerian PUPR Diminta Beri Anggaran Besar Percepat Pembangunan Akses Jalan Oksibil Papua

"Nah Bank Papua pasti ada di semua daerah, bahkan pelosok di Tanah Papua, karena bank lain belum tentu ada makanya kami memilih Bank Papua," tegas Cornelis.

Selain itu, pihaknya juga merasa memiliki tanggung jawab moral karena program-program berjalan di Papua, sehingga Bank Papua perlu untuk dilibatkan agar mendukung bank tersebut, supaya terus eksis di atas tanahnya sendiri.

Sekadar diketahui, dalam penandatangan MoU dan perjanjian kerjasama antara Bank Papua dan Kemen PUPR tersebut, ada 4 program yang terakomodir di dalamnya.

Kementerian PUPR Umumkan Pembangunan 8 Lokasi PON XX Papua Sudah Rampung

Sebanyak 4 program yang dijalankan Kemen PUPR tersebut di antaranya, Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) dan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW).

Kemudian ada juga, Program Sanitasi Lingkungan Pendidikan Keagamaan (LPK) dan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S), lalu Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Semua program yang ditangani oleh Kementerian PUPR tersebut untuk tahun anggaran 2022. (**)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved