Bank Papua

Kementerian PUPR Gandeng Bank Papua Salurkan Dana 4 Program Untuk Masyarakat

Bank Papua telah memberikan kepercayaan dan kerja sama penyaluran dan pengelolaan dana ini dan memang sangat dibutuhkan pihak yang terpercaya

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
KERJA SAMA - Penandatanganan MoU dan PKS antara Kemen PUPR yang salah satunya diwakili PPK Pengembangan Kawasan Permukiman dan Bina Penataan Bangunan Satuan Kerja PPP Wilayah II Provinsi Papua Wishnu Aryo Wibisono dan Direktur Bisnis PT Bank Pembangunan Daerah Papua, Sadar Sebayang di Jayapura, Rabu (27/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Papua, melakukan penandatangan MoU bersama PT Bank Pembangunan Daerah Papua terkait kerja sama penyaluran dana 4 program Kementerian PUPR yang dilaksanakan di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (27/7/2022).

Jalin Kerja Sama Salurkan Bantuan Perumahan, Kementerian PUPR Apresiasi Bank Papua

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Cornelis Sagrim menyebutkan, ada 4 program Kementerian PUPR yang penyaluran dananya bekerjasama dengan Bank Papua.

"Bank Papua telah memberikan kepercayaan dan jalinan kerja sama penyaluran dan pengelolaan dana ini dan memang sangat dibutuhkan pihak yang terpercaya," jelasnya.

Adapun 4 program PUPR yang pengelolaan dan penyaluran dananya bekerjasama dengan Bank Papua yaitu, Program infrastruktur berbasis masyarakat Provinsi Papua tahun anggaran 2022.

Kemudian program pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah Provinsi Papua tahun anggaran 2022.

Salurkan Bantuan Perumahan, Bank Papua Teken Kerja Sama dengan Kementerian PUPR 

Selain itu juga ada program sanitasi lingkungan pendidikan keagamaan dan sistem pengolahan air limbah domestik setempat.

Serta penyaluran dan pengelolaan dana Kota Tanpa Kumuh Provinsi Papua tahun anggaran 2022.

Pada kesempatan itu Cornelis juga mengemukakan alasan pihaknya perlu menjalin kerja sama bersama Bank Papua dalam penyaluran dan pengelolaan dana.

"Dari sisi program pelaksana ada yang dilakukan pihak ketiga, dan ada juga program berbasis masyarakat, mulai perencanaan dan pemanfaatannya," katanya.

Kementerian PUPR Diminta Beri Anggaran Besar Percepat Pembangunan Akses Jalan Oksibil Papua

Kemudian, alasan lainnya ialah dari sisi resiko, pihaknya memperhitungkan resiko terkait pemanfaatan anggaran di berbagai program, termasuk kerentanan penyalahgunaan anggaran apabila tidak melibatkan perbankan yang kredibel.

"Selama ini kerja sama baik bersama Bank Papua. Perlu kami informasikan tahun ini anggarannya tidak cukup besar akibat pandemi Covid-19, sehingga banyak terjadi pemotongan anggaran," tambahnya.

Untuk itu, penyalurannya harus betul-betul tepat sasaran sehingga Bank Papua dirasa cocok dan tepat dalam mengelola dan membantu dalam penyaluran pendanaan 4 program Kemen PUPR.

Kementerian PUPR Umumkan Pembangunan 8 Lokasi PON XX Papua Sudah Rampung

"Kami mengharapkan jalinan kerjasama ini terus terjalin dan berkesinambungan, tentunya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Papua melalui pembangunan infrastruktur," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Bank Papua, F Zendrato menyampaikan kepercayaan Kemen PUPR tersebut, selaras dengan misi Bank Papua yang mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Sehingga hari ini kita menjalin kerja sama dalam hal penyaluran dan pengelolaan dana yang manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Kementerian PUPR Pastikan Venue PON XX Papua Berstandar Internasional, Ini Sederet Fasilitasnya

Terlebih, dikatakan Zendrato tujuan utamanya untuk mencapai visi Bank Papua untuk Kuat, Terpercaya, Berdaya Saing, dan Mendukung Pembangunan Ekonomi di Tanah Papua.

"Untuk itu melalui MoU ini, kita terus saling berkomitmen penuh dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama penyaluran dana," sebutnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved