Papua Terkini

Tokoh Muda Papua Ini Tantang Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom Berdebat

Sebby Sambom yang beroperasi di wilayah Pegunungan Papua, kalau saudara merasa tidak bersalah datang langsung bertemu dengan saya di Pasar Skouw

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Istimewa
TANTANG DEBAT - Tokoh Muda Papua, Ali Kabiay meminta Jubir TPNPB agar bertemu dirinya di Skouw Jayapura, untuk mengklarifikasi pernyataan kontroversial dan membuktikan apa yang sudah diperbuatnya bagi Papua, Minggu (15/1/2023).  

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Tokoh Muda Papua, Ali Kabiay meminta Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), Sebby Sambom untuk bertemu di Pasar Skouw, Perbatasan RI - PNG, guna bertatap muka langsung. 

Hal itu ditegaskan Ali kepada awak media, termasuk Tribun-Papua.com di Abepura, Minggu (15/1/2023) menyikapi sejumlah pernyataan juru bicara TPNPB, Sebby Sambom. 

Baca juga: MERINDING! Jubir Organisasi Papua Merdeka Ini Teriak Soal Penangkapan Lukas Enembe

"Saya mau tegaskan kepada Juru Bicara TPNPB, Sebby Sambom yang beroperasi di wilayah Pegunungan Papua, kalau saudara merasa tidak bersalah datang langsung bertemu dengan saya di Pasar Skouw," tegasnya. 

Apabila Sebby tak bisa langsung datang ke lokasi yang dimaksud, Ali mengimbau agar juru bicara TPNPB itu dapat berbicara ke publik terkait hal positif apa yang telah dibuat bagi masyarakat Papua.

Ali menuding selama ini, Sebby Sambom tidak berbuat sesuatu yang positif untuk perkembangan masyarakat di Tanah  Papua

"Hal ini yang perlu diingat olehnya, kemudian saya ingin menyampaikan kepada saudara-saudara saya yang berbeda ideologi dan beroperasi sebagai teroris pada 35 kodap bahwa, jangan percaya dengan saudara Sebby Sambom," terangnya. 

Baca juga: Danrem 172/PWY: Interpol dan BNPT Tangkap Itu Sebby Sambom!

Ali mengatakan, selama ini Sebby Sambom telah menerima sejumlah uang dari suatu NGO asal Australia dan tidak dibagikan kepada rekan-rekan sejawatnya. 

Ali mengatakan yang perlu dikhawatirkan ialah, Sebby berfoya-foya menggunakan uang dari hasil demikian di luar negeri.

Baca juga: Komnas HAM Klaim Temui Panglima OPM, Sebby Sambom: Itu Binaan TNI dan Polri, Tidak Kami Akui!

Untuk itu dalam pertemuan nanti, Ali ingin menyampaikan kepada Sebby untuk berkomunikasi langsung perihal penyataan-pernyataannya yang dinilai kontroversial dan menyesatkan. 

"Saya ingin sampaikan apa yang telah diperbuat oleh Sebby selama ini untuk Papua, apa bentuk kontribusi positifnya dan jangan hanya meninggalkan kekacauan untuk generasi mendatang," sesalnya. 

Baca juga: Sebby Sambom: Egianus Kogoya Tidak Sekolah Sehingga Tak Mengerti Apa Itu Diplomatik!

Lalu dalam pertemuan itu, Ali ingin memastikan kepada Sebby, apakah benar ia telah memerintahkan ataupun mengerahkan masyarakat di wilayah pegunungan untuk melakukan aksi anarkis. 

"Apabila merasa tidak bersalah dan perjuangannya benar-benar tulus, silahkan bertemu saya di Skouw," pinta Ali.

Ali berharap, semua yang hadir di Papua datang untuk bekerja makanya ia mengajak untuk sebagai orang Papua harus menciptakan kasih bagi semua orang. 

Baca juga: Berkawan Lama, Ini Sepak Terjang Buchtar Tabuni dan Sebby Sambom Demi Papua Merdeka

"Mari kita mengikuti tata cara hidup Isa Al-Masih yang penuh kasi bagi semua orang, dan ayo kita belajar mengasihi sesama atau satu sama lain," tutupnya. (*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved