Pemekaran Papua

Legislator Asal Papua, Komarudin Watubun Usul Peresmian 3 Provinsi Baru Dipusatkan di Merauke

Kalau presiden berkenan, Ketua DPR RI semua hadir di Merauke lalu meresmikan tiga provinsi. Ini baru terjadi dalam sejarah Republik Indonesia

Penulis: Hidayatillah | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
KUNJUNGAN LAPANGAN - Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai PDI-Perjuangan Dapil Papua, H Komarudin Watubun (kiri) saat mendampingi Wamendagri John Wempi Wetipo kunjungan lapangan di Merauke selama dua hari, 29-30 Juli 2022.  

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai PDI-Perjuangan Daerah Pemilihan (Dapil) Papua, H Komarudin Watubun mengusulkan peresmian 3 provinsi baru hasil pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua berlangsung serentak di Kabupaten Merauke, Ibu Kota Provinsi Papua Selatan (PPS). 

Inilah Syarat Penjabat Gubernur 3 Provinsi Baru di Papua, Wamendagri: Harus Eselon I Kementerian

"Kalau presiden berkenan, Ketua DPR RI semua hadir di sini (Merauke) lalu meresmikan tiga provinsi. Hal ini baru pernah terjadi dalam sejarah Republik Indonesia," kata Komarudin Watubun kepada Tribun-Papua.com di Merauke, Sabtu (30/5/2022).

Lebih lanjut, legislator ini menjelaskan, pihaknya bersama Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo dan tim sudah melakukan sosialisasi dan kunjungan lapangan di 3 provinsi Baru Papua sejak 25 - 30 Juli 2022.

Wamendagri Tentukan Tuan Rumah Peresmian 3 Provinsi dan Penjabat Gubernur DOB di Papua

Menyisir mulai dari Nabire sebagai Ibu Kota Provinsi Papua Tengah, Wamena calon Ibu Kota Provinsi Papua Pegunungan Tengah dan Merauke sebagai Ibu Kota Provinsi Papua Selatan.

"Kita jalan ini setelah lihat daerah-daerah, fasilitas yang disiapkan calon provinsi, ada kantor gubernur, rumah dinas dengan fasilitasnya, surat-surat dan dana yang dihibahkan Pemerintah Kabupaten. Kita pulang nanti evaluasi, baru Menteri dalam negeri laporkan ke presiden," ungkap pria kelahiran Maluku ini. 

Komarudin Watubun menegaskan, Undang-undang Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua telah ditandatangani presiden.

Tiga Provinsi Baru di Papua akan Diisi 3.000 ASN, Wamendagri: Secepatnya!

Menurutnya, pemekaran tiga provinsi baru Papua adalah komitmen pemerintah untuk membangun tanah Papua. 

Hasil evaluasi dari kunjungan lapangan kali ini, sambungnya, akan dilihat provinsi yang lebih siap menjadi tuan rumah peresmian serentak tiga provinsi baru Papua. 

Meski Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kehormatan Partai ini berharap Merauke yang akan menjadi tuan rumah. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved